Blog Image

Blog

ORIENTAL TATTOO - CINA

November 22, 2021
/
REVIEW

Secara general style tattoo oriental berkiblat ke Jepang - menyebrang ke arah selatan Jepang, dataran Cina juga memiliki sejarah tentang budaya seni rajah tubuh, style tattoo yang beberapa tahun kebelakang menjadi fenomena di kalangan antusias tattoo dunia barat. Style oriental Cina menawarkan karakter yang eksotis dengan narasi yang lebih mendalam dari apa yang tergores di atas permukaan.

Ci Shen 

CINA TATTOO 1Ci Shen secara harfiah bisa dipahami sebagai “menusuk tubuh”- “merajah” - Jejak budaya tattto di Cina bisa ditelusuri ke ribuan tahun kebelakang, praktek tattoo menjadi satu hal yang “luar biasa” atau tidak umum dalam kebudayaan Cina, sepanjang sejarahnya praktik tattoo dianggap sebagai penistaan tubuh atau sesuatu yang tidak diinginkan.

Tattoo yang terkenal datang dari legenda Yueh Fei - jendral pasukan dinasti Song utara dengan kisah tentang tattoo empat karakter huruf Cina “Jing Zhong Bao Guo” ÿang kurang lebih berarti “ melayani negara dengan kesetiaan yang tertinggi”. 

Dalam beberapa kejadian dalam sejarahnya, di Cina, tattoo juga digunakan untuk menandai kriminal.Seseorang yang didakwa melakukan kejahatan berat akan ditattoo secara paksa di wajahnya lalu diasingkan ke tanah yang jauh, dan meskipun mereka kembali dari pengasingan, tattonya akan tetap ada, tradisi ini dikenal sebagai Ci Pie, di Cina sekarang seni tattoo sedikit banyak menjadi stigma yang dihubungkan dengan organisasi kejahatan bawah tanah.

Budaya Tattoo dalam kelompok etnis cina

Meski tidak termasuk dalam budaya arus utama, ranah seni tattoo malah mengakar kuat dalam kelompok minoritas etnis Cina, diantaranya yang distingtif adalah suku Dulong - suku Dai bersama dengan orang-orang Li dari pulau Hainan juga orang Paiwan dari Taiwan.

Suku Dulong

DULONGMemakai tattoo menjadi hal yang umum di kalangan kaum perempuan suku Dulong, yang tinggal di sekitaran sungai Dulong, sejak zaman dinasti Ming (kurang lebih 350 tahun lalu).Awalnya mereka menggambar tattoo di wajahnya agar tampak lebih jelek dan terhindar dari penculikan/perbudakan oleh suku lain, tradisi ini tetap berlanjut meski sudah tidak ada lagi penyerangan, memasuki usia 12 -13 tahun kaum peremuan akan ditattoo wajahnya sebagai tanda kedewasaan. 

 




Suku Dai

Suku Dai banyak tinggal di wilayah provinsi Yunnan berbatasan dengan negara Burma - di dalam suku Dai, kaum pria dan wanita keduanya mempraktekan seni tattoo. Tradisi tua ini mengakar pada sistem kepercayaan bahwa tattoo untuk pria adalah sebagai simbol kekuatan dan simbol kedewasaan untuk wanita. Tattoo kaum pria  bisanya berupa Naga - Gajah atau Harimau  - simbol kekuatan dalam budaya lama ketimuran - sementara para perempuan memakai tattoo di seluruh lenganya dan sebuah titik tepat diantara alis sebagai simbol dari “mata ke tiga”. Perlambangan tattoo ini bertahan hingga era kontemporer. Selama masa perang dunia II tattoo yang dimilik suku Dai, menyelamatkan mereka dari pembantaian, karena membedakan mereka dari orang-orang Cina Han yang jadi incaran pasukan Jepang.

Li Tattoos

DAI TATTOOOrang-orang Li telah mendiami pulau Hainan lebih dari 1000 tahun lamanya. Di waktu lampau orang-orang Cina mengenal mereka sebagai  suku bertattoo, atau dianggap sebagai orang primitif dan tidak beradab. Tattoo yang mereka miliki terhubung dengan keyakinan yang berlandaskan animisme. Memakai tatttoo adalah umum untuk kaum perempuan suku Li - untuk Laki-laki biasanya memakai tattoo berwarna biru melingkar pergelangan tanganya - style tattoonya beragam dalam setiap suku dengan motif-motif totem didalamnya. Di era modern praktik tattoo orang-orang suku Li menjadi lebih sederhana - dan hanya perempuan yang sudah sepuh yang masih memakai tattoo tradisionalnya - sementara itu memakai tattoo di wajah sudah benar-benar dilupakan.

Paiwan Tattoos

Suku paiwan sangat populer di Taiwan. Mereka juga tidak terpisahkan dari kebudayaan Cina, dan budaya tattoo mereka juga layak untuk disimak. Orang-orang Paiwan telah lama memiliki budaya untuk membuat tattoo ular berbisa di tubuhnya - sebagai simbol ruh penjaga - yang membedakan bentuknya adalah status sosial si pemilik tattoo-nya, biasanya hanya kaum bangsawan aja yang boleh memakainya - Style tattoo berupa pola titik atau garis juga umum ditemui di kalangan Wanita Paiwan - selain tattoo berupa ular berbisa - figur kepala manusia dan design serupa matahari sering ditemui di tattoo para pria.

Mereka menggunakan dekorasi artistik ditubuhnya sebagai penunjuk strata hirarki.

sumber :chinaculture.org