Blog Image

Blog

MadC madness

July 28, 2021
MadC madness image

Nama Alias tentunya tidak bisa dijadikan indikasi gender dari si penulisnya. Dan mungkin karena itu lah kita tidak mempunyai gagasan pasti tentang berapa banyak seniman street art wanita di luar sana. Beberapa seniman sengaja tidak mempublikasikan identitas feminimnya, karena merasa bahwa gender tidak semestinya merubah persepsi tentang seni.

Tentunya , ranah street art tidak lagi exclusive milik kaum Adam.Memakan waktu yang tidak sebentar memang, ranah Grafitti kini memiliki seniman perempuan yang juga giat meninggalkan marka di ruang public. Dengan style yang beragam, bebeberapa diantaranya aktif menyuarakan nuansa feminim sementara yang lainnya menyebrangi batasan gender.

Salah satu yang prominent adalah MadC , terlahir dengan nama Claudia Walde, graffiti writer dan muralis kelahiran Bautzen, Jerman,1980. Dikenal dengan karya-karya outdoornya yang artistik dan massive.

Memasuki ranah graffiti sejak remaja dan dan terus mengembangkan upaya kreatifnya ke zona yang lebih luas (termasuk grafic design, writing,dan rupa murni). Piece Graffiti pertamanya dibuat sekitar 1996 saat berumur 16 tahun.Belajar di Burg Giebichenstein University of Art and design di Halle and Central saints Martins Collage di London. Menyelesaikan studinya dengan gelar Master Graphic design.

700 Wall

MadcTerobosan internasionalnya terjadi sekitar tahun 2010, dengan memproduksi graffiti piece yang dikenal dengan “700 wall” - piece yang dieksekusi pada tembok seluas 700 meter persegi di sepanjang jalur kereta Berlin - Halle. Piece ini menjadi Graffiti mural terbesar yang pernah dikerjakan oleh satu orang dan memakan waktu selama 4 bulan.

Setelah 700 wall MadC memproduksi beberapa tematik mural dengan storytelling dan scene yang detail, lalu kemudian merubah arah berkesenianya, meperluas ranah artistiknya dari Graphic desain & mural dari ruang publik ke format canvas dan pameran di ruang rupa. Dalam karya barunya, di kanvas ataupun mural, representasi dan struktur narasinya mulai membuka jalan ke arah yang lebih abstrak, dengan komposisi bentuk dan warna dengan stroke tipis seperti kaca yang tumpang tindih. Sekilas tampak seperti wildstyle-graffiti, dengan warna yang kuat dan dinamis, dengan bentuk panah yang bertumpuk dan saling terjalin tanpa outline hingga menjadi formasi yang transparant dan mengalir. Memasukan energi jalanan ke dalam kanvas lalu kemudian mengartikulasikan media cat semprot dengan cara yang berbeda diatas kanvas. MadC juga menggunakan mix media  seperti tinta, cat air, cat acrylic dan marker dalam karya di atas kanvasnya. Elemen science fiction dan fantasy-nya banyak dipengaruhi karya-karya Vincent Van Gogh dan seniman graffiti Dare (Sigi Von Koeding).

 

Major Works

Selain karya mural dan karya rupa diatas kanvasnya, beberapa karya diluar pieces-nya adalah beberapa buku diantara :

Sticker City - Paper Graffiti Art (2007) 

Street Fonts - Graffiti Alphabets From Around The World (2011)

Mural XXL (2015)