Blog Image

Blog

GEDE SHOTONK I N K E D T R I B E series

June 11, 2021

SHOTONKSosok yang mungkin layak disebut sebagai legend dalam ranah tattoo Bali maupun skala Nasional. Lahir dan tumbuh besar di Bali, Gede Shotonk telah bergiat secara propesional sejak era 90- an dan establish menjalankan studionya sendiri dari tahun 1998 hingga sekarang dan berkembang menjadi beberapa studio di beberapa tempat di Bali. Dikenal sebagai sosok seniman tattoo dan seniman lukis yang berbakat, karya-karyanya telah menghiasi tubuh bahkan dinding rumah para costumernya. 

Sejak masa SMP,Gede Shotonk memang bercita-cita untuk menjadi seniman tattoo,dan beruntungnya seorang  temanya mengetahui bakat uniknya untuk menggambar desain-desain rumit, yang kemudian meminjamkan alat tattoo dan kulitnya untuk dijadikan media eksperimen, dan meski  Shotonk mengakui desain tattoo pertamanya jauh dari spektakuler, berkat kegigihanya skillnya kian meruncing dan pada akhirnya membuka studio tattoo di Singaraja.Tak lama berselang dirinya hijrah ke Kuta dan menjadi artisan untuk beberapa studio ternama sebelum menjalankan Shotonk Studio. 

Dengan cepat Shotonk Tattoo makin mendapat pengakuan dari para penikmat tattoo juga sesama penggiat seni tattoo, karena karya desainya yang sangat detail dan intens, salah satu yang paling ikonik adalah desain Budha & Ganesha dengan format Hitam Putih, nyatanya karya-karyanya juga menjadi trademark.Hingga saat ini  Shotonk Tattoo telah menjalankan lebih dari dua studio, selain studio pertamanya yang berada di Jalan Majapahit, Kuta Bali.

The series : The RANGDA

 

RANGDA

Sosok ikonik Rangda menjadi satu project kolaborasi kami dengan Pak de Shotonk. Konsep ini digagas oleh  PaK de, menangkap figur wajah Rangda, guratan  palet warna Merah-Oranye-Kuning-putih yang menjadi vocal point-nya menegaskan ekspresi Rangda yang mengancam dengan salutan warna Abu menyiratkan samar-samar aura magis didalamnya.

Dalam kebudayaan Bali -- sosok Rangda sangat lekat dengan sosok ikonik lainya yaitu Barong, kedua sosok ini dituturkan memiliki kekuatan berimbang dan dianugrahi keabadian. Mereka menjadi personifikasi dari konsep spiritual Rwa Bhineda yang secara sederhana dapat dimaknai sebagai dua perbedaan yang berjalan harmonis. Keduanya tidak saling meniadakan, konsep ini menuturkan bahwa sesuatu yang berbeda justru dapat selaras dan saling menyeimbangkan, seperti halnya keburukan dan kebaikan yang pada hakikatnya akan selalu berdampingan.

 

 


INSTAGRAM : Shotonk tattos