Blog Image

Blog

MUSIK DAN PERCAKAPAN LINGKUNGAN

November 12, 2020
/
ISSUES , REVIEW
MUSIK DAN PERCAKAPAN LINGKUNGAN image

An·thro·po·cene /ˈanTHrəpəˌsēn/ -- adalah istilah umur geologi yang dipahami sebagai satu periode dimana aktivitas manusia menjadi pengaruh (baik / buruk) dominan terhadap cuaca dan lingkungan.

MIsanthropy / Mis-an-thruh-pee/ -- Membenci, tidak menyukai atau tidak mempercayai manusia.

Sementara isu lingkungan telah ramai diperbincangkan sejak era Revolusi Industri, hanya beberapa dekade kebelakang para aktifis lingkungan berada di garis terdepan di ruang publik. Kampanye kesadaran lingkungan bisa dilacak jejaknya ke era pergerakan Hippie yang dinarasikan oleh para musisi di tahun 60-70 an. Pada masa itu pergerakan semacam ini diacuhkan dan hanya dianggap sebagai kampanye pinggiran. Sekarang kita ada di era Anthropocene, dan isu tentang kesadaran lingkungan telah menjadi percakapan global -- meski, tetap ranah counterkultur dan pergerakan bawah tanah menjadi suara yang paling lantang. 

Heavy Metal dan musik Hardcore telah lama menjadi kanal ekspresi, distribusi pesan, jika tidak pun, paling tidak  skena ini  menjadi ruang percakapan beragam  isu, salah satunya tentang lingkungan. Dengan karakter yang distingtif, dan dapat terhubung dengan ragam latar usia, profesi,  kultur, dan sama hal dengan propaganda religi dengan gospel-nya, isu keadilan yang diidentikan dengan hip-hop,  musik bawah tanah juga sangat dapat menjadi katalis perubahan.

Dengan kultur yang sangat terbuka dan attitude yang terkesan masa bodoh, hal ini justru sangat cocok untuk ruang diskusi, menyebarkan pesan-pesan melalui lirik yang extreme dan mendesak.beberapa band raksasa bawah tanah, seperti Earth Crisis dan Gojira telah mendedikasikan talenta musiknya untuk menyuarakan isu lingkungan lebih jauh lagi, juga tentang misanthtopy. Dalam berbagai kondisi, liriknya memukul keras - mengejutkan dan menjadi suara yang efektif.

Musik bawah tanah telah menjadi vokal yang penting dalam ruang diskusi environmental dan pesan yang mendasarinya selayaknya dirangkul juga oleh siapapun yang juga berbagi gairah sama tentang kelestarian lingkungan. Banyak Band/musik dengan pesan tentang lingkungan, beberapa mungkin belum sempat kita simak atau terkadang terlewatkan, beberapa pesan lantang yang terangkum dari band-band berikut hanyalah sebagian representatif-nya.

august burns red#1 August Burns Red -- The Wake (Found in a far away places)

Track dengan title yang tepat dengan pesan peringatan dengan kemarahan. “The Wake” merujuk  pada kondisi planet bumi dan kerusakan yang kita akibatkan, dan akan menjadi ritus terakhir jika tidak bertindak secara kolektif.

This world has lived for a million years with more to come

It's only a matter of time until you choke on your indifference

Struggling to breathe as the water fills your lungs

Trying hard to scream as it rises into your throat

The reckless, the careless, will reign until the oceans rise

Wake up and save yourself 

The sea will reclaim what it worked to create

Wake up, save yourself

Pick up the pieces

Ask for forgiveness

BR#2 Bad Religion -- “Modern man” ( Against The Grain )

Raksasa American Punk ini dengan lantang menuding bahwa pribadi-pribadi yang dengan angkuhnya mengklaim sebagai Generasi modern sebagai biang kehancuran dari warisan organik Bumi.

Modern man, evolutionary betrayer

Modern man, ecosystem destroyer

Modern man, destroy yourself in shame

Modern man, pathetic example of earth's organic heritage

Destroy the machina#3 Earth Crisis - “Inherit The waste land” (Destroy The Machines)

Salah satu yang konsisten dengan suara tentang isu lingkungan, dan mungkin yang telah menanamkan kesadaran tentang lingkungan pada orang-orang yang sempat mengkonsumsi dan menyimak karya-karya mereka.

Track Inherit The waste land menjadi peringatan keras tentang apa yang sedang terjadi dengan lingkungan kita.

Inherit the wasteland! Spilled oil contaminates the sea

Inherit the wasteland! Poisons fill the atmosphere

Inherit the wasteland! Toxins infect the ground. Inherit the

Wasteland! Deforestation scars the earth

The rainforests burn. Countless animals die

We must regain control or there will

Be nothing left to save. The harmony of nature

Twisted into dischordance. 

 

gojira#4 Gojira - “ocean planet” “in the wilderness” (From Mars to Sirius)

Mario Duplantier CS, berbicara tentang tentang isu lingkungan dalam track-track mereka, dengan penuturan yang imajinatif dan penuh metafora, lirik berbau fantasi menjadi media yang mereka pilih. Album From Mars to Sirius disebut-sebut sebagai album mereka dengan Narasi alam. 

Carved by the wind and the fall of water

From the treetops, I can see the end of a time

Living respectful, low your axe

And learn from the trees.

lamb of god#4 Lamb of God - “Reclamation” (Wrath)

Reclamation - (Wrath) - menuturkan tentang konsekuensi yang tidak bisa dihindarkan dari ekploitasi manusia dan alam akan membalasnya dengan bencana yang buruk. Lagu itu juga merenungkan kemelaratan yang pada akhirnya akan dicapai Manusia karena tindakan ini.

The earth will shake and the waters will rise

The elements reclaim what was taken

The skyline is set ablaze with regret

Ashes cover a falling silhouette

The city will reap what it's sown and ignite

Watching as the city burns tonight

Metalica#5 Metalica - “Blackened” - .. And Justisce for All

James Hetfield mengirimkan narasi mengerikan tentang masa depan Bumi yang sangat mungkin terjadi.Meski track ini ditulis saat masa perang dingin tahun 80-an, liriknya masih sangat relevan. Doktrin militer menjadi pokok bahasanya, secara sarkas doktrin ini menjadi solusi yang membawa kehancuran pada kehidupan melalui perang nuklir. Terma Blackened berarti membakar dan melukai Bumi -bisa dibayangkan jika ratusan nuklir aktif diluncurkan dan saling menghantam - dan menggelapkan langit dengan asap dan abu. 

Blackened is the end

Winter it will send

Throwing all you see

Into obscurity

Death of Mother Earth

Never her rebirth

Evolution's end

Never will it mend

sepultura#6 Sepultura - “Biotech is Godzila” (Chaos A.D)

Lagu ini menyinggung tentang konspirasi yang diinisiasi oleh George Bush mengirimkan sekelompok ilmuan ke Brazil untuk melakukan percobaan teknologi-Bio, uji coba bakteri dan bakteri dengan bahan percobaan manusia.”Bahkan lagu ini mengklaim bahwa teknologi-Bio jugalah yang menciptakan AIDS, meski demikian track ini tidak menghakimi bahwa teknologi selamanya buruk, tetapi akan buruk jika digunakan oleh tangan-tangan yang tidak berperkemanusiaan.

Mutations cooked in labs

Money-mad experiments

New food and medicine?

New germs and accidents!

"World's most polluted town"

Air melts your face

Deformed children all around

Source : https://spinditty.com/genres/Anthems-of-the-Anthropocene-Heavy-Metal-Music-and-the-Environmental-Conversation