Blog Image

Blog

The GIANT

October 6, 2020
/
PROFILE , REVIEW

THE GIANT 


"Saya hanya seniman dengan agenda mendemokrasi-kan seni, saya hanya ingin menjangaku orang-orang dengan sebanyak mungkin flatform yang saya buat. " - Shepard Fairey-

"Jika Shepard Fairey datang ke satu kota, setiap Grafitti wiriter di kota itu akan merasa tegang..saya sangat yakin, dia telah membuat satu pencapaian yang lebih luas dibanding dengan writer lainya, sepanjang sejarah belum ada yang bisa menyamainya, dan itu artinya dia adalah pemenang," -Banksy-

OBEY-Shepard Fairey

Salah satu treet artist yang paling influentsial dan dikenal oleh publik.Shepard Fairey merupakan figure kunci dari tercipta dan berkembangnya seni urban modern.Muncul dari skena skateboard era 90-an, campaign jalananya sangat produktif dan dengan jangkauan yang luas,beberapa campaign-nya telah berhasil memantik pergerakan budaya berskala internasional.

Karya-karya poster, sticker dan muralnya adalah komposisi dari parodi, subversif dan tentang perbedaan pendapat yang bertujuan untuk menggusik batas antara seni tradisional dengan seni komersil,mempertanyakan ide dan wacana tentang ruang publik.Dirinya juga telah meninggalkan marka sebagai desainer grafis dalam ruang politk dan komersil dengan karya-karyanya yang digunakan sebagai media campaign.

Pencapaian dan Kontroversi

Fairey adalah seorang aktifis politik dan lingkungan yang berdedikasi, banyak dari karyanaya ditujukan untuk membangun kesadaran tentang beragam isu dengan spektrum yang luas. Dia menyediakan banyak karya poster dan desainya secara gratis di halaman websitenya dan platform resmi lainya agar para pengunjuk rasa dan aktifis lainya dapat menggunakanya sebagai media untuk menentang STATUS QUO.

Kebanyakan karyanya bertujuan untuk menstimulasi rasa penasaran dan membuat orang untuk memikirkan dan memperhatikan keadaan di sekitar mereka, menempatkan interpretasi mereka sendiri terhadap suatu isu sesuai pemikiran dan pengalaman mereka, hal ini membantu menginisiasi dialog tentang isu sosial,politik atau bahkan regulasi legal.

Karyanya menggabungkan image-image komersial dengan modifikasi pop art, dengan garis dan bentuk geometris yang kuat, dengan begitu Fairey membuat garis paralalel antara advertising dan propaganda,mendorong siapa saja yang melihat karyanya untuk mempertanyakan dampak sistem pemasaran terhadap sikap atau setiap keputusan yang mereka buat secara disadari atau tidak.

Sepanjang karirnya Fairey adalah seorang aktifis yang berkomitmen. Tahun 2015 lalu dirinya membuat instalasi 3D di menara Eiffel bertepatan dengan konfrensi internasional tentang Climate change di Paris, " Saya adalah seniman pertama dalam sejarah yang melakukanya, rasanya sangat luar biasa. Untuk satu karya yang memiliki nilai entertaintment juga memiliki konten yang crucial adalah sangat jarang , saya bangga akan hal itu, dan saya pikir ide tentang seni bisa menjadi sebuah simbol atau menjadi titik awal diskusi, itu sangat berharga."

Beberapa waktu lalu dirinya mendonasikan hasil penjualan untuk beberapa campaign,termasuk gerakan Black Live Matters dan The American Civil Liberties Union, juga membuat tiga seri poster berjudul "We The People" sebagai bentuk penentangan terhadap kampanye Donald Trump.

Keberagaman portpolionya telah membuat dirinya menjadi figur yang kontroversial di beberapa lingkaran tertentu. Dia juga banyak menuai kritikan dari banyak komunitas street Art karena proyek komersilnya, yang menurut versi mereka adalah sangat "Sell OUt",disisi lain, Shepard Fairey juga sempat berhadapan dengan tuntutan hukum tentang penyalah gunaan ruang publik oleh Walikota Detroit, tetapi akhirnya kasus tersebut ditarik kembali.

The Legacy

Street art-Shepard Fairey telah menghias tembok-tembok di dunia, temasuk Los Angeles,New York, London, Johannesburg, Berlin, Tokyo dan Hongkong, tapi kesemuanya itu tidaklah kekal, sementara poster atau karya cetak bisa bertahan lama, muralnya bisa terhapus begitu saja. Dia menyadari hal tersebut," Saya telah ada di ranah street art selama 30 tahun, kebanyakan karya-karya mural saya tidak bertahan lama. Sebagai seniman saya harus bisa merasa nyaman dengan itu, dengan lebih menikmati prosesnya dan tidak terlalu terpaku pada produk akhirnya. Saya gembira saat sebuah karya bisa bertahan lama, tapi di dunia ini banyak sekali pelanggaran, hal yang paling sederhana adalah mural saya ada yang menimpa, mereka melakukanya karena berpikir saya terlalu mainstream, bahwa saya "sell out" atau mereka tau karya saya akan atau telah didokumentasikan dan itu membuat mereka mendapat atensi."

Marka Karya


Andre The Giant has a posse (1989)

Andre the giant has a posseStiker yang dibuat Fairey dengan memakian wajah seorang pegulat asal Perancis, Andre Rene Russimoff. Fairey mulai menempel stikernya di beberapa tempat umum dan mulai mendapat perhatian dari orang-orang yang melihatnya. " Saya mulai menyadari bahwa menempel stiker di berbagai tempat, ternyata dapat menarik perhatian orang, saya juga menyadari itu memngganggu semiotika umum tentang penggunaan dan kontrol ruang publik, dan hal tersebut bisa sangat kuat dan provokatif." Keberadaan stiker itu sendiri tidak berarti, selain untuk memancing reaksi orang dan merenungkan arti dari pesan yang ingin disampaikanya.






 


OBEY Giant (1996)

OBEY GiantMengadaptasi stiker pertamanya untuk membuat kampanye OBEY, dengan modifikasi yang lebih simple. Diproduksi sebagai stiker juga digambar di gedung dengan teknik stencil. Fairey mencetak kata OBEY dibari hanya sekedar digunakan untuk iklan dan rambu-rambu yang dibuat pemerintah.wah sang raksasa, untuk menginformasikan Brand-nya secara komersil (OBEY Clothing)dan secara artistik (OBEY Giant). Fairey merilis desain Obey Giant secara masal sebagai campaign "mendemokrasikan seni"dan ingin membuat seni bisa diakses siapa saja dan menunjukan ada banyak ruang yang bisa dimanfaatkan dalam satu ruang publik itu sendiri da















HOPE (2008)

Di dalam HOPE kita melihat wajah Barack Obama sedang menatap ke kejauhan dengan gestur yang optimis danHOPE mulia, serupa dengan JFK. Didesain denga cut out warna-warna yang ada di bendera Amerika, image-nya mencerminkan patriotisme. Karya ini menjadi salah satu poster kampanye yang paling dikenal dan yang paling sukses di dunia barat. Fairey membuat poster ini setelah terinspirasi pidato kampanye Barack Obama. 300 ribu poster dan 500 ribu stiker HOPE dicetak,Dia tidak meminta bayaran untu karyanya, dia juga mengunggah posternya dan bisa diunduh gratis agar setiap orang bisa mencetaknya sendiri.













Make Art not WAR (2014)

"Make Art not WAR" adalah slogan yang berulang digunakan dalam format mural atau poster untuk agenda perdamaianMake Art not War global, menggabungkan desain ikonik dari Fairey, bunga Mawar sebagai simbol perdamaian yang tumbuh menuju cahaya dengan dibelenggu borgol bertulisakan "Rise above" dengan layout dekoratif Art Nouveasu dengan border sepasang kuas di kedua sisinya. Kata "Eyes Open" dan "Mind Open" mengundang viewer untuk peka terhadapa kondisi di sekitar mereka.

Kesenianya telah berhasil memenuhi cita-citanya untuk menyuarakan gerakan kepedulian dan perdamaian. Dia mencoba untuk membangunkan kaum mayoritas yang selama ini membisu dan tertidur dengan mempertanyakan setiap aspek dari satu kekuasaan. Setiap individu seharusnya dapat memberdayakan diri mereka sendiri dengan berani menyuarakan pendapat pribadinya, seperti yang Shepar Fairey ekspresikan melalui karyanya.










EARTH CRISIS (2015)

Earth Crisisfairey adalah seniman pertama dalam sejarah yang diijinkan untuk membuat instalasi di menara Eiffel,Paris dan diresmikan bertepatan dengan COP21 Climate Confrence, Fairey telah menjalankan campaign tentang kelestarian lingkungan sejak era 90-an, saat dia mulai mendesain materi campaign untuk menginspirasi kantung-kantung komunitas penggiat kelestariang lingkungan dan karya ini adalah kelanjutan dari itu. Sebuah bola Dunia berdiameter 8 meter ini menggantung di lantai dua menara Eiffel, menangkap citra yang menggambarkan harmoni dan dampak yang telah manusia akibatkan pada Bumi, motif tumbuhan dan bunga menyampaikan pesan tentang kebersatuan dan optimisme, berdampingan dengan sosok wanita yang menutup matanya dari terik matahari menggunakan koran sebagai peringatan terhadap sikap apatis. Jika dilihat dari bawah tampak motif Mandala untuk mengingatkan orang-orang bahwa kita bertanggung jawab pada generasi yang akan datang.

Earth Crisis seakan terpisah dari karya Fairey yang identik dengan warna Merah, Orange dan Emas, karya ini lebih cenderung ke pallete Biru dan tone Aqua untuk menyampaikan pesan bahwa kita butuh Udara bersih, Air, keragaman Hewan dan Vegetasi untuk kelangsungan-kelestarian Bumi. Suspensi gantungan bola Bumi mewakili sisi rapuh keberadaan manusia diatas Bumi. Karya ini juga ditemani oleh beberapa karya mix media,"Seni Instalasi, Lukisan, Mural dan Buku-semuanya adalah platform untuk menyampaikan pesan bahwa Bumi kita sedang mengalami krisis. Saya pikir seni adalah media untuk berinteraksi dan melibatkan orang-orang. Seni dapat memicu satu percakapan saat media lain gagal melakukanya..Saya harap karya ini cukup menarik secara visual dan dapat memicu kebutuhan diskusi tentang melindungi Bumi ini untuk generasi yang akan datang".









We The People (2017)

 

Pada pelantikan Donald Trump 2017 lalu, dalam rangka gerakan protes terhadap retorika Trump yang menyuarakanWe the People xenophobia, Fairey membuat beberapa poster bersana debgab seniman Ernesto Yenena dan Jessica Sabogal menggambarkan kaum minoritas Amerika. Menggambarkan kaum kulit hitam Amerika,Latin, Muslim dan perempuan Indian, image posternya dibuat mirip dengan HOPE (2008) dengan skema warna Merah, Putih dan Biru sebagai pesan tentang kekuatan dan optimisme, Fairey menggunakan image ikonik Americana (salah satu karyanya) untuk mempertanyakan apa arti sebenarnya menjadi warga negara Amerika, dia juga menggunakan image wanita berhijab dihiasi motif stars-stripes (motif Bendera Amerika) untuk mengingatkan sikap menghargai keberagaman dan tidak memarjinalkan siapapun. Posternya juga dilengkapi dengan tiga kalimat pertama dalam undang-undang konstitusi Amerika, "We The People" - "Protect each other" dan "Defend dignity", Poster ini tersedia di website Obey giant dan orang-orang dapat mengunduhnya secara gratis.

" Ini tentang memastikan bahwa orang-orang ingat bahwa 'We The People' berarti setiap orang yang artinya kita semua...mengingatkan mereka untuk menemukan kembali nilai-nilai manusiawi mereka dan untuk mencoba melihat lebih jauh dari definisi sempit tentang menjadi orang Amerika."

 

Diringkas dan disadur dari : www.theartstory.org/artist/fairey-shepard/