Blog Image

Blog

REVIEW : Pin Up Artist GIl Elvgren

May 14, 2020
/
ISSUES , PROFILE , REVIEW
REVIEW :  Pin Up Artist GIl Elvgren image

Pin-Up biasa diartikan sebagai gambar ilustrasi, lukisan atau foto dan biasanya merupakan bagian dari halaman sebuah majalah yang bisa dicopot/ bisa dijadikan poster untuk ditempel di dinding.

 Dari sekian banyak illustrator pin-up klasik Amerika, Gil Elvgren diperhitungkan sebagai illustrator Pin-up yang superior di era 40-an dan yang paling berbakat sepanjang abad 20.Seorang pekerja keras,dan perfeksionis yang telah membuat ilustrasi sosok perempuan sensual dan berkesan sedikit nakal untuk sebuah perusahaan percetakan kalender Louis F. Dow pada tahun 1937, dan tak kurang dari 60 karya diatas kanvas berukuran 28 inch x 22 inch yang telah dihasilkanya.Kemudian pada tahun 1944 Gil elvgren bergabung dengan perusaahan percetakan kalender Brown & Bigelow. Saat mengerjakan projek ini, Gil elvgren mulai menggunakan media kanvas berukuran 30 inch x 24 inch, yang menjadi trademark karyanya selama 30 tahun berkarya. Banyak  dari Pin-up nya yang direproduksi sebagai “nose art” pesawat tempur militer Amerika selama masa perang dunia II.

PIN UP GIL ELVGRENTerlahir dengan nama Gillete Elvgren, pada tahun 29 Februari 1914. Illustraros asal st. Paul, Minesota ini sangat terpengaruh oleh illustrator “wanita cantik” yang lebih senior seperti Charles Dana Gibson, Andrew loomis dan Howard Chandler Christy.

 Memperdalam kemampuan artistiknya di Minneapolis Institute dan American Academy of Art. Dibawah bimbingan menthornya Haddon Sundblom, Karakter dan ketajaman ilustrasinya makin superior dibanding koleganya. Beberapa brand raksasa seperti Coca-cola,dan General Elektrik pernah memakai karya pin-up Gil elvgren sebagai media advertising.

 Kemampuan Gil Elvgren menangkap “spirit” dan sensualitas wanita amerika yang feminis belum tertandingi sampai saat ini. Pin-up nya merupakan gambaran realistis dari seorang perempuan dalam situasi sehari-hari, sentuhan dramatis serta elemen komedinya selalu menjadi point yang kuat ditiap karyanya. Karakternya yang kuat bisa terlihat pada dramatisasi lekuk pinggang yang dibuat lebih sensual, bentuk kaki yang jenjang serta ekpresi wajah dengan penambahan fitur bibir yang penuh dan mata yang diperbesar.