Blog Image

Blog

REVIEW : RUN DMC

October 8, 2019
/
REVIEW

Terbentuk  di Queens, New York awal tahun 80-an, Run-D.M.C menjadi salah satu pioneer grup rap. Rappers Run (Joseph Simmons, Nov 14, 1964),D.M.C (Darryl McDaniels, Mei 31, 1964) dan DJ Jam Master Jay ( Jason Mizell, Okt 30, 1965), mereka menciptakan kolektif rap pertama yang menuai kesuksesan yang masal saat diawal-awal kemunculan Genre music rap.

Run DMC 1Dibantu oleh saudara Run (Joseph Simmons) , Russell Simmons pendiri dari Def Jam Records, karir Run D.M.C dimulai tahun 1983 dengan single “It’s Like That.” Sukses menjadi pembuka pintu untuk debut album mereka di tahun 1984 bertitle Run D.M.C. Di album ini, mereka menggaris bawahi Track bejudul “ Hard Times” yang menyinggung soal meningkatnya kemiskinan diperkotaan dan makin buruknya iklim perpolitikan dan sosial  di Queens selama awal tahun 80-an, sementara track berjudul “Sucker M.C.’s” mendorong tentang pentingnya pendidikan dikalang anak-anak muda yang kala itu cenderung tidak menyelesaikan atau meneruskan jenjang pendidikanya.

Mereka yang bertanggung jawab menjauhkan musik hip hop dan Rap yang pada awal perkembanganya berorientasi pada funk dan danceable-disco,justru melahirkan sound baru dengan pendekatan yang sedikit agresif.

Album ketiganya “Raising Hell” (1986) menjadi album rap pertama yang mencapai status platinum, menjadi kesuksesan mainstream diluar skena hip hop. Salah yang memorable adalah kolaborasi dengan Aerosmith, dengan meng-cover “Walk This Way” track hit Steven Tylor Cs era-70an,  single yang jadi best-selling song dan berhasil meremajakan kembali karir Aerosmith. Hasi persilangan tersebut mendemonstrasikan pengaruh musik rap dalam musik pop mainstream kian berkembang.  Tahun 2009 Run-DMC menjadi unit rap kedua yang masuk ke Rock and Roll Hall of Fame, dan di tahun 2016 mereka dianugrahi Grammy Lifetime Achievment Award.

Mereka terus mendobrak batasan-batasan yang ada dan membuka jalan bagi musik Rap untuk bisa diterima oleh publik mainstream. Kehilangan besar terjadi saat insiden penembakan sang Legenda DJ Jam Master Jay, pada 30 Oktober2002 di studionya.

Run – D.M.C –Jam Master Jay telah membawa hip hop dari sensasi jalanan ke fenomena Pop Kultur, dan selama perjalananya mereka telah mengubah arah musik popular, mencetak jejak untuk generasi berikutnya.  

Disadur dan diringkas dari :

 www.blackpast.orgwww.blackpast.org/african-american-history/run-d-m-c/

https://www.thoughtco.com/run-dmc-biography-2857174