Blog Image

Blog

REVIIEW : BIOHAZARD

July 10, 2019
/
REVIEW
REVIIEW : BIOHAZARD image

Sekedar menengok kembali konsumsi audio dua dekade kebelakang, saat portal digital belum jadi media utama untuk mencari asupan musik, masa dimana walkman atau Diskman dan tumpukan kaset juga CD lebih wajib jadi bawaan di tas sekolah atau kuliah. Diantara barisan koleksi kaset/CD antusias musik bawah tanah generasi 90-an, mungkin terselip beberapa rilisian dari satuan hardcore asal Brooklyn, New York ini,dan mungkin Biohazzard  sempat berotasi penuh diheadphones .

BIOHAZARD 2Bentukan tahun 1987, di Brooklyn, New York, mereka dikenal sebagai salah satu unit awal yang menggabungkan unsur  hardcore punk dan heavy metal dengan element hip hop. Sempat menyebabkan kegemparan saat kali pertama demo mereka dirilis (1988), saat  review-an beberapa jurnalis  menyatakan bahwa lirik mereka bermuatan fasis dan supremasi kulit putih, tapi hal itu dibantah keras, dan menegaskan bahwa Biohazard selalu menyebar pesan tentang anti rasis dan toleransi.

Meski Biohazard tidak benar-benar mengklaim  sebagai band Hardcore, mereka justru seringkali berbagi gigs dengan band-band yang diasosiasikan dengan scene NYHC, seperti Cro-Mags, Agnostic Front & Mucky Pup. Dibawah Maze Record debut album bertitle Biohazard dirilis tahun 1990, karena promo yang buruk dari pihak lable, album ini hanya terjual sebanyak 40 ribu copy. Baru di album kedua  yang bertitle “Urban Dicipline” (1992) berlabel Road Runner Records, mereka berhasil mencuri atensi scene heavy metal/Hardcore nasional dan internasional. Video music “Punishment” menjadi yang paling sering tayang dalam sejarah MTV Headbanger’s Ball dan menembus penjualan lebih dari 1 juta keping, mereka juga mulai menjadi pembuka gigs-gigs yang lebih prestisius.

Kurang lebih telah 9 album mereka retas, dengan line up yang masih aktif hingga sekarang Billy Graziadei – rhythm guitar, vocals,  Bobby Hambel – lead guitar ,  Danny Schuler – drums, Track mereka masih releBIOHAZARD 1van untuk berotasi & jadi asupan nutrisi sonic hingga saat ini.

Disadur dan diringkas dari berbagai sumber

Music Credit : Punishment - BIOHAZARD

Foto diunduh dari laman Google