Blog Image

Blog

REVIEW : BEASTIE BOYS

June 19, 2019
/
REVIEW
REVIEW : BEASTIE BOYS image

BEASTIE BOYSDi dunia yang diciptakan  Michael “Mike D” Diamond, Adam “MCA” Yauch dan Adam “ Ad-Rock” Horovitz sebagai Beastie Boys, humor sudah seperti sisi spiritual mereka. Ini adalah ikatan yang menyatukan mereka, seperti sekumpulan anak sekolah yang berkeliaran dan berbuat onar untuk bersenang-senang.  Berakar dari format hardcore punk dengan nama the Young Aborigines (1979), mereka memulai perjalananya di dunia musik dan setelah sukses dengan debut EPnya Polly wog Stew (1982), single Experimental hip hop berjudul “Cooky Puss” yang dirilis tahun 1982, menandai transisi mereka ke ranah hip hop.

 

Mengenal hip hop dari scene yang ada di kota New York, dimana mereka menerimanya sebagai bentuk baru dalam kebebasan berestetika, breakbeat dan hip hop adalah tentang ketidakterbatasan,  kemungkinan eksplorasi yang tidak terbatas dan Imajinasi yang tidak terbatas pula.

 

Dengan persona humor-nya dalam debut album mereka , “Licensed to Ill” (1986) di-diskriditkan dan dianggap oleh puritan hip-hop era 80-an sebagai tiruan murahan dan muram dari salah satu kultur Afro-Amerika yang sedang tumbuh kala itu oleh sekumpulan bocah kulit putih dengan segala kekonyolan mereka. Meski demikian tahun 1989 “Paul’s Boutique  dirilis dan cukup membantu mengurangi batasan rasial. Studio album lainya “Check your head” (1992) – “lll Communication” (1994) – “Hello Nasty” (1998) – “To the 5 Boroughs” (2004) – “The mix-Up” (2007) – “ Hot sauce committee part two “ (2011) dan beberapa album kompilasi, EP dan Video album telah diretasnya.

 

Kritik, anggapan miring , kontroversi, bahkan tuntutan pelanggaran hak cipta turut mewarnai perjalanan   “Mike D”, “MCA” , “ Ad-Rock” di industri musik, tapi mereka bisa mengimbanginya dengan kemampuan dan kreatifitas mereka. Kepergian Adam Yauch “MCA” akibat Kanker di tahun 2012 meninggalkan kekosongan yang mendalam.  Diamond dan Horovitz kemudian menuturkan kembali perjalanan mereka dalam “Beastie Boys Book” (Oktober 2018), kurang lebih 570-an halaman kumpulan kisah, anekdot, riff nakal dan elegy untuk teman yang sangat dirindukan. Beasti boys telah memberi warna dalam ranah musik hip-hop dan rock, dan sedikit banyak telah membuka kemungkinan yang tak terbatas – musik Rock, Jazz, Punk, Funk bahkan Latin dapat berdampingan dan menjadi elemen yang harmonis dalam  musik Hip Hop.

 

Disadur dan diringkas dari berbagai sumber

Music Credit : Intergalactic - BEASTIEBOYS

Foto diunduh dari laman Google