Blog Image

Blog

REVIEW : Breaking The Dance Vol.2

March 13, 2019
/
REVIEW
REVIEW : Breaking The Dance Vol.2 image

THE ROCK STEADY CREW

CRAZY LEGS 1Salah satu nama besar kolektif Breakdance  yang juga menjadi pelopor massif-nya pergerakan breakdance  adalah The Rock Steady Crew. Didirikan tahun 1977 oleh B-boys asal Bronx Jimmy D dan Jimmy Lee. Saat pertamakali memulai  sudut-sudut jalanan Bronx, mereka tidak mengira apa yang mereka lakukan bersama-sama akan membawa mereka berkeliling dunia.  Saat itu untuk  bisa bergabung dengan Rock Steady crew harus battle dengan salah satu anggota-nya, dan hanya sedikit yang bisa menang. Meski breakdance telah menjadi salah satu subkultur yang sangat dikenal, diakhir tahun 70-an, diluar kota New York, masih sedikit yang tahu tentang Breakdance.

Tahun 1 979 saat breakdance mulai lesu, disaat kritis Jimmy D mengajak Crazy legs dan lenny len bergabung dengan Crew untuk menambahkan nafas dan karakter baru.  Karena kepindahannya ke Manhattan, frekuensi pertemuan dengan anggota Rock Steady Crew (RSC) yang lain jauh berkurang.  Crazy legs banyak menghabiskan waktunya untuk berlatih dan mengembangkan keterampilannya, berlatih di lorong –lorong rumah susun, battle dengan B-boys yang dia temui dan nongkrong bareng dengan yang dia rasa mempunyai style yang original.  Dalam rentang 2 tahun  ini, Crazy Legs , sempat bergaung dengan Rockwell association, tim rival dari RSC, meski demikian keinginanya untuk membentuk RSC chapter Manhattan tetap kuat.

 SUICIDEAwal tahun 1981 Legs akhirnya menemui Jimmy D dan meminta izin untuk RSC chapter Manhattan. Jimmy D kagum dengan banyaknya anggota yang dimiliki Crazy legs, dan memberi izin untuk mendirikan chapter Manhattan.  Crazy legs bersama crew barunya menjadi kekuatan motivasi dibalik kebangkitan kembali breakdance di jalanan kota New York. Tahun ini juga menjadi titik balik , saat sepak terjang Crazy Legs, Frosty Freezea, Take One, Little Crazy Legs dan Ken Swift di Manhattan, mulai mendapat atensi publik. Agustus 81, seorang photographer/pematung Henry Chalfant  menawarkan RSC untuk perform di Lincoln Center. Pertunjukan Battle dengan salah satu rival mereka The Dynamic Rockers, menjadi sangat crucial, tidak hanya karena diliput oleh stasiun televisi lokal, tetapi liputan oleh media lain seperti The New York Times, The Village Voicem The Daily News dan National Geographic juga memberikan kesempatan RSC  untuk ter-ekspose secara global. Mendengar kabar tentang apa yang telah dicapai Crazy Legs bersama gerombolanya di Manhattan, Jimmy D kemudian mengangkat Crazy Legs menjadi Presiden untuk seluruh Rock Steady Crew. Legs lalu mengangkat Frosty Freezw dan Ken Swift jadi wakilnya.

Di musim dingin tahun 82, kesempatan telah mempertemukan mereka dengan Afrika Bambaataa saat perform di Original Ritz Nightclub. Merasa terhormat ada disatu stage dengan “Godfather of Hip-Hop”, Crazy legs  dan Frosty Freeze meminta izin untuk bergabung dengan Zulu King, kolektif B-boy yang sangat dihargai kala itu. Afrika Bambaataa mengijinkan mereka beserta seluruh anggota Rock Steady Crew bergabung sebagai bagian  integral dari Zulu Nation.

CRAZY LEGS 2Seiring beredarnya kabar, Rock Steady berkembang menjadi keluarga yang besar begitu pula dengan popularitasnya. Disponsori Europa One Radio, Rocksteady Crew berkesempatan untuk tour ke London  dan Paris. Bahkan di tahun 1983 mereka diminta untuk perform dihadapan Ratu Inggris dan suskes menghantarkan pertunjukan yang spektakuler.  

Hingga kini, RSC telah memiliki chapter dibanyak Negara besar, apa yang mereka lakukan lima dekade kebelakang telah menambah rona baru di ranah seni khususnya street dance, mereka juga telah meletakan batu pijakan untuk siapa saja yang memiliki gairah diranah street dance untuk menjadikan seni ini jadi sebuah profesi.


Foto diambil dari Google