Blog Image

Blog

REVIEW : Tony Iommi -- Black Sabbath dan Embrio Metal

February 20, 2019
/
REVIEW
REVIEW : Tony Iommi -- Black Sabbath dan Embrio Metal image
“ Saat saya memulai menulis musik untuk Black Sabbath, saya hanya ingin mencoba bisa menemukan sound yang berat. Saya tidak pernah berfikir untuk membuat musik yang gelap. “ – Tony Iommi –
 
Tahun 1969, dan Tony Iommi tanpa disadari memulai perjalanan untuk membuat sejarah. Pra-Black Sabbtah  bersama dengan Bill Ward, Geezer Butler dan Jhon “ Ozzy” Osbourne mereka bergabung dalam grup Blues-Rock bernama Earth (Polka Tulk ), hanya berumur sebatas beberapa demo live pendek.  Baru pada tahun 1969 mereka memutuskan untuk membuat musik yang lebih berat dan berganti nama menjadi Black Sabbath, mengambil nama dari film horror tahun 1963 berjudul sama. Quartet asal Birmingham, sepakat untuk membuat “film Horror” versi musik, 1970 debut album mereka dirilis di Era dimana martir perdamaian dan kebebasan (Hippies)  menjadi kultur populer, Black Sabbath malah berkembang dengan “kegelapan” mereka.

Sempat putus asa dan hampir menyerah bermain gitar karena kehilangan  bagian ujung jari tengah dan  jari manisnya akibat kecelakaan yang dialaminya, Iommi mencari cara untuk  tetap bisa bermain gitar. Menutupi kekuranganya dengan membuat turian jari berbahan plastik, menggunakan ukuran senar yang ringan dan menurunkan tuningan  menciptakan sound yang meresahkan dan gelap. Dengan riff pentatonic blues dan Tritone (Interval not/nada yang lebih dikenal sebagai the Devil’s note) membuat permainan Iommi lebih cekatan dan tidak terduga, dengan menambahkan distorsi pada riff-nya,  apa yang Tony Iommi mainkan menjadi embrio musik Heavy metal dan turunanya, style signature-nya , jangkauan improvisasi yang luas membuatnya masuk dijajaran 100 gitaris terhebat sepanjang masa dan menjadi pengaruh besar untuk generasi musisi setelah era 70-an.
 
Disadur dari berbagai sumber.

Credit Music : Paranoid by Black Sabbath.
Official Website