Blog Image

Blog

INTERVIEW : Dari Lokal menuju Global

November 7, 2018
/
INTERVIEW , PROFILE , REVIEW
INTERVIEW : Dari Lokal menuju Global image

Dari Lokal menuju Global

Sebuah apresiasi terhadap  BANGKIT , sepotong dokumentasi tentang Street BMX.

Featuring :   Anto Leysa  (Indonesia), Muhaimin (Malaysia), Ammar (Malaysia), Artjom (Estonia)

Direct by :   Ammar Shukri

Film & Edit by : Ammar Shukri

Additional Film : Rafiq Razi      

 “ Kita tidak akan pernah tau apakah kita bisa terbang,  jika tidak pernah mencoba melompat terlebih dulu, atau mungkin terjatuh hingga akhirnya bisa  kembali berdiri, “ sebuah idiom yang mungkin bisa mewakili apa yang sedang dilakoni Anto Leysa.

Tergerak oleh keresahan melihat kondisi skena dan para Riders lokal , dokumentasi yang di-inisiasi bersama beberapa rider asal Malaysia ini, bertajuk BANGKIT , bisa menjadi nyala baru ditengah movement yang nyaris stagnan.

Selepas premiernya 20 Oktober lalu di acara Buqiet Jam, Buqiet skatepark, kami sempat ngobrol  seputar Video dokumentasi BANGKIT. Pertemuan dengan para penggiat BMX Ammar Shukri, Rafiq Razi,Muhaimin  asal Malaysia dan Artjom (Estonia),menjadi awal digagasnya BANGKIT, proyek selama 4 hari dengan me-response sudut-sudut ruang publik Kota Kuala Lumpur.

Melalui dokumentasinya yang berdurasi tiga menit lima puluh lima detik , rider asal Kota Kuningan ini ingin menuturkan bahwa apa yang selama ini sering dikeluhkan para rider dan skena BMX lokal, tentang terbatasnya ketersediaan fasilitas, perhatian pemerintah daerah  dan antusias para sponsor yang minim, bukan hal yang seharusnya jadi penghambat untuk berprestasi.

ANto 1“ Saya berasal dari Kuningan, daerah kampunglah, di sana tidak ada fasilitas, tapi kalau kita terus mengeluh, tidak berjuang, kita tidak akan bisa maju, tidak bisa membawa perubahan, kebanyakan hanya bisa berharap ke pemerintah atau sponsor mungkin, padahal dengan kita percaya pada diri sendiri dan tetap berjuang , tetap latihan dan terus mengeksplor kreatifitas, kita bisa jadi lebih baik lagi, apapun itu pencapaianya, “ tutur Anto.

Lebih sekedar dokumentasi , BANGKIT bagi Anto memiliki nilai sentimental.  Sebuah dedikasi untuk teman-teman yang selama ini mengayuh pedal bersamanya, untuk sahabat-sahabat di Indonesia dan Malaysia yang tanpa pamrih telah membantu selama proses pembuatan video ini.

Mengikuti gairah dan obsesinya lebih jauh lagi, melalui Street  BMX, Anto berkeinginan untuk mengangkat kultur lokal ke ranah yang lebih Global, memperkenalkan skena BMX  Indonesia beserta kearifan lokalnya ke Dunia .

BMX, jalanan aspal dengan debunya, sudut-sudut ruang publik, memar  dan juga cedera akan selalu jadi bagian hidupnya. Dan setiap kayuhan pedal yang dia upayakan akan membawanya semakin dekat dengan tujuanya.

 

 

Salut kami untuk semua pihak yang telah menjadikan BANGKIT.

 

Song title: NtahSape2Ntah - Aku Lawan Aku

 

@ammar_shukri @rafiq_razi @anto_leysa @kayuhbmx @thecurbkl @bmxmalaysia @bdgbmx

 

 The video officialy published on Ammar Shukri Youtube channel