Blog Image

Blog

1520 Sedgwick Avenue

November 22, 2018
/
ISSUES , REVIEW
1520 Sedgwick Avenue image

1520 Sedgwick Avenue  adalah alamat  gedung apartemen di salah satu sudut jalan utama Sedwick Avenue, Bronx, Kota N ew York, AS. Lalu apa istimewanya? Apa kisah yang terekam di tempat itu?

Selama rentang perjalanannya, Evolusi kultur Hip Hop telah dibentuk oleh banyak seniman, tetapi dalam beberapa kisah, yang terjadi  di gedung apartemen di 1520 Sedgwick Ave 45 tahun lalu, menjad salah satu marka penting dalam garis waktu perkembangan Kultur Hip Hop. 

Adalah  Clive Campbell alias DJ Kool Herc yang menginisiasi sebuah pesta dengan Tag “back to school jam “ di ruang rekreasi Gedung apartement Sedgwick, dengan dua set turntable dia memperdengarkan sesuatu yang baru di era 70-an, Merry Go- Round atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah Break beat, terobosan baru ini kemudian menjadi cetak biru dari musik Hip Hop. Bersamaan dengan itu, temanya Coke La Rock mendemonstrasikan inovasi lainya – Rapping.

Meskipun musik, Kultur dan istilah “Hip Hop” belum memulai debutnya kala itu, Pesta perdana Kool Herc sangat mungkin menjadi awal dari efek domino yang menyalakan percikan kelahiran kultur dengan 4 elemen substansial : DJ-ing, MC-ing, B-Boys & Graffiti – yang  hingga kini menjadi salah satu energi penggerak kreatifitas yang massive di dunia. Herc bersanding dengan Africa Bambaataa juga Grandmaster Flash dihormati sebagai “Trinitas”-nya Hip Hop.

Tahun 2007 Herc berhasil  mengkampanyekan 1520  Sedgwick Avenue pada dinas konservasi sejarah Kota New York sebagai salah satu ikon Sejarah, dan di tahun 2016, Walikota New York meresmikan perubahan nama Blok dimana Apartemen 1520 Sedgwick berada menjadi Hip Hop Boulevard.

1520 Sedgwick Avenue, apapun yang terjadi dengannya di masa mendatang, kisahnya akan tetap beresonansi dalam babad ranah Hip hop.

 

Disadur dari berbagai sumber.