Blog Image

Blog

REVIEW : Flash tattoo dan Neo-Classic tattoo

October 18, 2018
/
REVIEW
REVIEW : Flash tattoo dan Neo-Classic tattoo image

Etimologi kata Tattoo berasal dari bahasa Tahiti “Tatu” yang berarti menandai sesuatu.

Meski masih dalam ranah perdebatan seni rajah tubuh ini diperkirakan telah ada pada 12.000 tahun sebelum masehi. Filisofi dan tujuan penattooan berbeda-beda dari satu kebudayaan ke kebudayaan lainya,benang merah yang menghubungkanya adalah bahwa seni rajah tubuh memiliki peran penting dalam tradisi dan ritual.

Melewati rentang waktu yang lama seni tattoo terus bertransfrormasi , baik itu dari segi fungsi , karakter , juga hal-hal yang berkaitan dengan faktor  teknis. Memasuki  babak seni kontemporer, tattoo dari segi design membebaskan diri dari pakem konvensional.Tanpa mengurangi esensi nilai estetis dan spiritnya, design tattoo telah melebarkan aplikasinya di berbagai media (bahan), juga  diranah seni dekoratif lainya, dicetak diatas media t-shirt salah satunya.

Salah satu karakter tattoo yang khas dan sering diaplikasikan dalam cetak tshirt adalah Neo-classic tattoo  dan Tattoo Flash.

Flash tattoo 2Neo-Classic tattoo adalah versi yang lebih modern dari old school tattoo atau modifikasi dari gaya tattoo yang lebih traditional. Gaya Neo-classic dapat dikenali dengan adanya penambahan aksen outline dengan garis yang tebal, juga pengolahan image yang lebih realis dan detail.

Tattoo Flash adalah karakter tattoo yang lebih sederhana, umum dijumpai dan di cetak untuk berbagai aplikasi, meski dikatagorikan sebagai “spesies industrial” Tattoo flash dengan kesederhanaannya memiliki esensi dan poin yang autentik.

 

 

Flash (oldschool) tattoo icon

“Lebih baik mempunyai karakter sendiri daripada harus menjadi (mengikuti) karakter  yang sudah ada “.

-Norman “Sailor Jerry” Collins 1911-1973-

 

Sesepuh dari old-school tattoo. Norman “ Sailor Jerry” Collins adalah penjelmaan dari kata “Classic”, karena semua hal tentang sosok seniman kelahiran 1911 ini benar-benar berjiwa“Classic”. Dikenal sebagai pioneer diantara kolega dan seniman tattoo lainya dan juga seorang pelaut tangguh yang cerdas. Menorehkan namanya di sejarah seni rajah tubuh klasik selama masa perang Dunia II dengan banyak men-tattoo pasukan America sekrikat yang berbasis di Hawai kala itu. Kesenian dan integritasnya tak lekang oleh masa dan tetap lestari bersama gairah dan karakter signature-nya.

Referensi :sailorjerry.com