Blog Image

Blog

INTERVIEW : Antusias Lowrider

October 18, 2018
/
INTERVIEW , PROFILE

 

 

 

Lowrider bicycle (sepeda lowrider) adalah sepeda yang dandani dengan terinspirasi model modifikasi mobil lowrider. Populer dikelompok  masyarakat Hispanic di California di tahun 60-an. Hingga saat ini kustom Culture sepeda lowrider masih diminati di berbagai belahan dunia, bahkan di Indonesia . Sepeda lowrider mulai mendapat antensi dan marak tumbuh kantung-kantung komunitas  pecinta sepeda yang identik dengan fork depan springer model bengkok (bent springer fork), setang menggantung (apehanger handlebar), rangka pelangi (rainbow bent frame), jok pisang (banana seat), dan besi sandaran jok (sissy bar) ini.

 

Ravee , Antusias Lowrider “ Dari Hobi hingga menjadi Identitas “

 

RaveeBeberapa waktu lalu markas besar kami disambangi kawan yang juga salah satu penggiat kustom culture sepeda lowrider di Jogjakarta.  Ravee, disela-sesla  aktifitasnya bersama Bloccalito 782,  Ravee intens juga menekuni kecintaanya terhadap sepeda lowrider, “awalnya saya tertarik ngambil culturenya aja sih,  dulu masyarakat hispanik yang tidak punya mobil menggunakan sepeda lowrider untuk berkendara, dan menurut saya ini menunjukan sikap sederhana dari masyarakat hispanik itu sendiri, saya mengadopsi dari situ, sekalian campaign untuk membudayakan bersepeda.” Tutur Ravee.

Meski awalnya bukan builder, namun akhirnya  justru sepeda lowrider jadi identitasnya. Khusus untuk di daerah Jogja, perkembangan komunitas  lowrider ini tumbuh subur, Ravee sendiri sekarang bergabung bareng kolega-koleganya mengelola workshop lowrider “Garasi kustom”. Dari segi bisinis, Ravee mengakui sepeda lowrider memiliki prospek yang cukup menjanjikan berbanding lurus dengan budaya kustom yang makin diminati masyarakat luas. “Kita bisa jual spare part-nya, bikin-bikn merchandise, kita juga bakal banyak ketemu teman dan dari situ biasanya ada wacana usaha bareng-bareng,” paparnya.

“Kustom Culture sepeda lowrider sangat beririsan dengan CrossoverBDG, karena mungkin konsepnya memiliki esensi yang serupa, urban dan konsisten menentang arus utama, ” tambah Ravee diakhir obrolan. @raveerhodestra