Blog Image

Blog

REVIEW : Tales of FREESTYLE BMX

October 9, 2018
/
REVIEW
REVIEW : Tales of FREESTYLE BMX image

 

Extreme sports atau Adventure Sports secara bebas bisa diartikan sebagai kegiatan berolahraga atau rekreasi yang mengandung resiko tinggi di dalamnya. Aktifitas ini seringkali melibatkan kecepatan, ketinggian, kekuatan fisik yang tinggi dan perlengkapan yang khusus.

Dari sekian banyak ragamnya, salah satu yang beririsan langsung dengan “Youth Culture” adalah Freestyle BMX.

BMX merupakan abreviasi dari ‘Bicycle Motorcross’, dan sejarah panjang Freestyle BMX  bisa ditelusuri ke era 70-an,kala itu yang lebih populer dikalangan remaja adalah balapan sepeda di track tanah lengkap dengan obstacle (rintangan) yang sama seperti di track motorcross. Apa yang dirujuk sebagai Trick-riding  pada akhir  70-an lahir dari skena balap BMX. Kala itu komunitas  kecil para pembalap yang pada akhirnya merasa bosan dengan atmosfer kompetitif yang monoton – memisahkan diri dan mulai menempa arah baru untuk BMX. Di tahun 1975, mulai bermunculan para Rider yang bermain sepeda BMX  di kanal-kanal beton penampungan air yang sedang kering di kota San Diego, California, sebagian ada yang menerobos masuk ke skate park setelah tutup di malam hari dan mulai bereksperimen dengan trick-trick baru, dan sejak saat itu kurva para Rider yang bermain di luar skena balap BMX, makin meningkat.

Masuk ke akhir tahun 76-an, Bob Haro bersama Jhon Swanguen,mulai bersepeda BMX di track beton Skateboard Heaven, San Diego, California, mereka juga menghabiskan hari-harinya bermain BMX di pelataran parker mall di Spirng Valley dan menjadi begitu terobsesi dengan balance trick dan rolling combination. Kemudian mereka men-transformasi, freestyle yang biasa dilakukan di skatepark dengan menciptakan trick-trik  baru untuk track datar.

Banyak marka yang bisa dijadikan indikasi tumbuhnya skena freestyle BMX, salah satunya adalah sekitar 1980, Bob Haro dan R.L.Osborn membentuk tim Freestyle BMX dan mulai perform di event-event balapan BMX. Apa yang dilakukan kedua rider ini menjadi garis sejarah sebagai pertunjukan Freestyle tim yang pertama dilakukan, hal ini jugalah yang sedikit banyak ikut memicu terbentuknya team Freestyle BMX  yang lain.

Memasuki era 80-an, selama periode ini Freestyle BMX mencapai zenith-nya, massif-nya perkembangan skena rider BMX turut mempengaruhi ranah industri komersil yang bersinggungan langsung dengannya.

Meski sempat mengalami deklanasi di awal-awal 90-an, hingga hari ini, di sudut-sudut ruang  publik di seluruh dunia, para rider BMX, masih memacu adrenalin mereka, masih menantang diri mereka untuk menaklukan berbagai obstacle dan track, dengan gairah bebasnya mereka tetap mengeksplor sisi kreatif dan estetis dari Freestyle BMX.


BMX Legends


Banyak rider yang telah mencatatkan namanya dalam sejarah Freesyle BMX dan turut menempa sejarah panjang salah satu unit olahraga extreme ini.    

 

Mat Hoffman1.     Mat Hoffman

 

10 kali juara dunia Vert ramp  dan 6 kali  juara X-Game, ini telah memberikan kontribusi besar di ranah BMX. Dedikasinya telah menghasilkan lebih dari 100 trick Freestyle BMX.

Hoffman juga memegang rekor Guinness Book of World Records untuk lompatan udara tertinggi, dengan titik lompatan setinggi 24 kaki di track quarter pipe, Mat Hoffman juga dianugrahi Lifetime Achievment Award oleh ESPN Action Sport.

 

Tinker Juarez2.     Tinker Juarez

 

Legenda BMX old-school. Tinker lahir di tahun  1961, dan merupakan generasi awal yang mengadopsi Freestyle BMX. Pada bulan April 1980, Tinker dinobatkan sebagai Raja Skatepark oleh majalah Action Motocross. Hal tersebut menjadi deklarasi umum untuk manuvernya yang sangat canggih dan tidak ada yang bisa menandinginya  pada saat itu.

 

Dennis McCoy3.     Dennis McCoy

 

Dennis McCoy adalah satu-satunya Rider yang pernah meraih title prestius di track Vert, Park dan Flatland. Dia juga merupakan anggota American Freestyle Association bersama Mat Hoffman dan Dave Mirra. Dennis McCoy merupakan salah satu Rider yang paling influential sepanjang masa, dan masih tetap melakukanya di usianya yang ke-51.

Dave Mirra4.     Dave Mirra

 

Bakat Mirra yang tanpa cela telah membawanya untuk memenangkan mendali di X-Games sejak tahun 1995 sampai dengan tahun 2009, dan dia memegang rekor peraih mendali terbanyak di BMX Freestyle. Gairah dan dedikasinya untuk selau menjadi yang terbaik, menuntunya ke karir dan reputasi yang hingga kini masih menggema diantara para antusias action/extreme Sport.

 

Bob Haro5.     Bob Haro

 

Sebagian orang akan berpendapat bahwa Bob Haro pada dasarnya menciptakan BMX. Dia adalah pendiri dan pemilik sepeda Haro dan merupakan salah satu inovator paling awal di BMX freestlye. Sederhananya, tanpa Bob, Freestyle BMX tidak akan seperti sekarang ini.




Gary Young6.    Gary Young
 

Disebut-sebut sebagai Rider BMX terbaik sepanjang masa, seorang rider dengan teknik dan skill yang luar biasa. Sepanjang karirnya Gary telah memberikan kontribusi yang massif pada olahraga BMX







Sean Burns7.    Sean Burns

 

Sean Burns menonjol di dunia BMX karena trick-tricknya yang “gila”. Dia menjadi dikenal karena sering melakukan sky-high Roof drops dan juga selalu berhasil mengeksekusi trick sederhana dengan penuh gaya dan catchy. Seorang Rider yang tidak hanya sangat dihargai dalam BMX Freestyle tetapi juga membuat olahraga ini menjadi sangat keren.




Mat Dandois8.    
Matthias Dandois

 

Matthias layak untuk dibilang sebagai legend. Dia telah dimahkotai sebagai BMX Flatlander terbaik sedunia pada usia 19 tahun, dan terus menaikan standar kemampuanya dengan kreatifitasnya yang tanpa batas.Melihatnya bermain-main di track Flatland adalah sesuatu yang ajaib.


Jamie Bestwick9.   Jamie Bestwick

 

Veteran Rider BMX dengan skill dan bakat yang telah membawanya memenangkan banyak kompetisi di seluruh dunia, dan Jamie terus menerus menciptakan trik-trik baru. Dia tidak menunjukan tanda-tanda memperlambat lajunya dan tidak pernah menyetakan untuk pensiun.  Dunia BMX adalah gairah hidupnya, dan hal itulah yang menjadikanya salah satu ikon yang everlasting.




Dakota Roche10.    Dakota Roche

 

Dakota menyatakan dirinya lebih memilih membuat fim dokumenter tentang Freesyle BMX  daripada mengikuti mengikuti kontes, mungkin karena itulah dia bertanggung jawab atas beberapa film dokumenter BMX terbaik yang beredar di banyak media. Karena kekonsistenannya Dakota Roche dinominasikan sebagai Street Rider nomer satu versi Transworld BMX dari tahun 2009 -2013. Hingga hari ini Dak masih menyebabkan gejolak di skena Freestyle BMX.



Foto dan beberapa artikel diunduh dan disadur dari 

www.fise.fr