Blog Image

Blog

PROFILE : Mas Untung dan Lucky Tattoo

August 27, 2018
/
INTERVIEW , PROFILE
PROFILE : Mas Untung dan Lucky Tattoo image

 

Intro

Etimologi kata Tattoo berasal dari bahasa Tahiti “Tatu” yang berarti menandai sesuatu.

Meski masih dalam ranah perdebatan seni rajah tubuh ini diperkirakan telah ada pada 12.000 tahun sebelum masehi. Filisofi dan tujuan penattooan berbeda-beda dari satu kebudayaan ke kebudayaan lainya,benang merah yang menghubungkanya adalah bahwa seni rajah tubuh memiliki peran penting dalam tradisi dan ritual.

Melewati rentang waktu yang lama seni tattoo pun terus bertransfrormasi , baik itu dari segi fungsi , karakter , juga hal-hal yang berkaitan dengan faktor  teknis. Memasuki  babak seni kontemporer, tanpa mengurangi esensi , nilai estetis dan spiritnya, tattoo telah menjadi bagian dari sub-culture  modern.

 

Mas Untung dan Lucky Tattoo

Berbicara tentang tattoo, kami berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu seniman tattoo asal  Jogja yang sejak tahun 2000 merantau di Bandung dan hingga kini eksis dengan Lucky tattoo-nya.  

Berawal ketika menjalani karir sebagai designer untuk produk t-shirt asal Jogja di tahun 94, Mas Untung  mulai mencoba-coba mmbuat tattoo sebagai sampingan bersama dengan salah satu rekanya.  “Kayanya kan asik dapet tambahan duit,meskipun buat jajan dan roko, nyoba minjem alat ternyata dapet feel-nya,nah dari situ, keluar kerja dan menekuni, tapi ga kepikiran untuk jadi profesi , tapi tetap dijalanin, hingga akhirnya seperti sekarang ini”, papar Mas Untung bernostalgia.

Berbasis di Kos-an nya, kegiatan men-tattoonya mulai berkembang dari cuma teman dekat, hingga ke musisi skena underground Jogjakarta, yang kemudian terbuka link dengan skena bandung, 2000-an awal Mas Untung hijrah ke Bandung. Baru di tahun 2003 dengan alat-alat yang makin lengkap dan memenuhi standar kualitas juga sesuai dengan prosedur kesehatan, Lucky tattoo resmi berdiri dan mengambil lokasi di Cihampelas Bandung,.

Terinspirasi oleh seniman tattoo Filip Leu dan Paul Wood, Style tattoo seperti Fine line, Potrait, Oriental dipelajari  salah satu penggiat Paguyuban tattoo Bandung ini untuk memperkaya karakter tattoo miliknya.

“ Menjadi seniman tattoo tidak mudah dan penuh resiko,karena berawal dari image tattoo yang negatif hingga sekarang mulai terkikis, tapi kalau kesiapan mentalnya udah full, apalagi punya karya atau skill yang mendukung, jalani saja” tutur Mas Untung.

Malang melintang di ranah tattoo, Untung Hartowo dipercaya menjadi ketua Indonesian Subculture chapter Bandung dari tahun 2004 dan Paguyuban tattoo Bandung ditahun 2010, beberapa prestasi yang telah ditorehnya antara lain, menggagas Bandung Body Art ke-1 s/d ke-3 dari tahun 2010/2013, event internasional mengikuti Amsterdam tattoo convention (2014), juga beberapa Negara Eropa laninya seperti Austria, Berlin. Bulan September ini Mas Untung akan unjuk kebolehan di Perth tattoo Convention.

“Untuk temen-temen yang baru mulai menekuni seni tattoo, latih terus skill-nya, perbanyak referensi dan jangan pernah segan untuk komunikasi dengan komunitas tattoo yang ada, alat-alatnya juga sudah lebih mudah dicari, yang paling penting adalah Safety, safety untuk kita sendiri juga untuk costumernya, dalam artian seperti jarum harus selalu ganti, sarung tangan juga, terus tinta, misal tinta yang kita tuangkan kelebihan, itu haram untuk di masukin lagi ke botolnya, karena kan nantinya ada efeknya buat customer, mending jangan men-tattoo deh, kalo misal masih berpikiran sayang tintanya nanti kebuang,” tutup Mas Untukng diakhir obrolan.

 

Untuk kawan-kawan yang mau tau lebih banyak tentang Mas Untung dan Lucky Tattoo bisa KLIK link di bawa ini

Website : WWW.LUCKYTAT2.COM

Instagram : @luckytattoo & @luckytattoobandung

Facebook : https://www.facebook.com/untungluckytattoo