Blog Image

Blog

PROFILE : Dhellet and Caligram

August 6, 2018
/
INTERVIEW , PROFILE
PROFILE : Dhellet  and Caligram image

Caligraph/Caligram/Caligraffiti :

Secara sederhana bisa diartikan sebagai gabungan antara Kaligrafi dan Graffiti. Kaligrafi adalah seni menulis dan mempunyai banyak bentuk. Baik itu karakter tulisan kuas Jepang kuno, Skrip bergambar dengan gaya Arabic, atau literatur dengan ornament-ornamen gaya Eropa di abad Pertengahan adalah semua kaligrafi.

Mungking  di Indonesia istilah “Kaligraffiti” belum terlalu familiar dan tehitung sedikit street artist yang mendalami salah satu ranting baru dari seni menulis ini. Beberapa waktu yang lalu CrossoverBDG sempat berbincang dengan salah satu penggiat Kaligraffiti asal Depok, Dhellet.

Aktif sebagai street artist dan mulai ber-graffiti di tembok-tembok kota juga banyak terlibat dengan komunitas penggiat seni jalanan di Ibu kota sejak 2006. Dan di awal tahun 2017, Dhellet mulai menekuni karakter yang berbeda, tidak hanya graffiti tapi juga kaligrafi.

“Kalo dibandingin lebih seru mana antara graffiti dengan kaligrafi, menurut saya, sekarang sih asik kaligrafi, hal pertama sih yang pasti lebih ekonomis, karena media yang dipakainya cat tembok dan kuas, terus eksplor media dan tools yang dipakai, ngulik bentuk, guratan atau stroke kuasnya dan lebih memungkinkan untuk bisa berkolaborasi dengan street artist lainy.” Tuturnya.

Banyak dipengaruhi oleh karya-karya Cryptik & Pokras Lampas.  Kaligaffiti Dhellet adalah sesuatu yang abstrak dan murni sebagai ekspresi artistiknya. Writing dengan meng-eksplor Black Font/Black letter dikomposisikan dengan pola circular atau bentuk geometris lainya,  menjadikan karya abstraknya sangat dinamis dengan dimensi yang misterius. 

 

instagram : @dhellet