Blog Image

Blog

INTERVIEW : LOSE IT ALL - CONTENTIOUS - Album Interview

July 4, 2018
/
INTERVIEW , PROFILE
INTERVIEW : LOSE IT ALL - CONTENTIOUS - Album Interview image

LOSE IT ALL - CONTENTIOUS -

Setelah rilis tanggal 17 Januari 2017, kami akhirnya berkesempatan untuk ngobrol bersama teman-teman Lose It All tentang album kedua mereka yang bertajuk  -Contentious- di basecamp mereka disekitaran JL.Sukagalih No.49, Bandung.

Berikut adalah sepenggal  obrolan kami dengan Phopi ( Vocal), Azi (Drum), Rengga (Bass), Lucky (Session gitar)  dan Jonjon (Guitar), setelah Jam session mereka beres.

Crossoverbdg : Bisa cerita sedikit awal terbentuk Lose It All?

Azi : Lahirnya Lose It All, berawal dari project Jonjon dan Eki (ex gitaris), lalu saya gabung dan ketemu Phopi, tapi awalnya ga percaya kalau dia bisa jadi vokalis, tapi setelah coba beberapa kali jam session, ok lah, kita jalan sampai sekarang.

Jonjon  : Awalnya kita bikin demo 2 lagu sekitar tahun 2008,  lalu bikin EP tahun 2010, full album pertama  2014 dan yang kedua tahun ini.

Phopi : kita mulai seriusnya tahun 2014.

Crossoverbdg :  Ide atau konsep awal tentang album contentious? Dari segi tema, aransement dan warna sound di album sekarang? Dan yang membedakan dari album sebelumnya?

Azi : Dari segi musik,  kami membuat aransement yang lebih easy listening, ga terlalu technical, lebih ngeflow, dan ya enak buat manggut-manggut kepala lah, buat mijah lah 

Lucky : Tentang tema atau benang merah lirik di album ini, mengangkat sebuah tajuk tentang pertentangan  dari isu yang akhir-akhir ini jadi viral, ide awalnya sih, saya bosan sebenarnya ketika saya membuka social media di handphone ada sebuah tajuk terus isinya banyak komen yang akhirnya jadi perang argument, yang sebenarnya mereka itu meributkan hal yang ga jelas, padahal mereka tidak tahu apa-apa dan tidak bersinggungan langsun dengan isu tersebut, jadi saya kepikiran bahwa Contentious itu menjadi acuan saya menulis lirik di album ini.

Jonjon: Yang  membedakan dari album sebelumnya, dari segi tema  kan udah tadi, dari segi  karakter sound, dari segi sound gitar juga jauh berbeda.

Azi : Benang merahnya juga beda, album sebelumnya  kita bikin lagunya lebih random sih,  jadi konsep setiap lagunya berbeda-beda. Nah untuk album ini semuanya lebih terkonsep.

CrossoverBDG : Bisa sedikit cerita tentang proses produksinya seperti apa? Persiapan materinya seperti apa, proses recordingya dimana? Dan memakan waktu berapa lama? Kendala-kendala yang dialami selama proses rekamanya?

Azi : Prosesnya sebenarnya sama, kebetulan untuk album ini  hampir 80% materinya dari saya, bikin sendiri dirumah, mulai dari riff-riff gitar, partern dan beat drum,  juga lead melodi vokalnya, saya rekam dalam format data audio terus dishare ke temen-temen, nah dari situ setiap orang ngasih sentuhan sesuai dengan koridornya masing-masing.

Lucky : Materi untuk album ini sebenarnya udah disapkan sejak  tahun lalu

Rengga : Mematangkan Ekplorasi sound , karena di album ini soundnya lebih kaya, karena masing-masing personil ikut memberi warna sound di album ini.

Jonjon : klo kendala sih, paling hal-hal teknis, seperti track drum yang sebelumnya sudah di take, ternyata datanya ga bisa di buka jadi harus take ulang.

Phopi :  Dan karna kali ini liriknya di tulis Lucky, saya juga butuh pemahaman , untuk memahami satu persatu liriknya, karna menurut saya liriknya juga “Deep”, jadi harus bener-bener dipahami ga asal cuap-cuap.

CrossoverBDG : Apa yang ingin teman-teman Lose It All sampaikan di album contentious ini?

Lucky: Simple aja sih, ginilah jadi ga usah meributkan sesuatu yang kita tidak tahu dan tidak menimpa kita, jadi selow aja lah, jadi masih banyak hal yang bisa kita urus selain mengurusi urusan orang lain.

CrossoverBDG : Tentang pemilihan single,  kenapa memilih Menyayat Lembah Lemuria sebagai single pertama dan Retorika penikam kalam sebagai  single kedua? Yang jadi bahan pertimbanganya apa saja?

Azi : Memilih menyayat lembah lemuria, karna track itu bisa mewakili keseluruhan album Contentious

Jonjon : Single yang pertama juga kan berhasa Indonesia, jadi kita juga pengen menunjukan kita bisa bikin lirik berbahasa Indonesia, karena kan di album sebelumnya  pake bahasa Inggris semua.

Azi : kalau retorika penikam kalam itu secara musikal dibanding dengan lagu lain ini yang paling beda, track ini lebih dinamis, dan biar orang-orang bertanya-tanya aja sih, penasaran lah gitu.

CrossoverBDG : Track yang di jagokan setiap personil?( Kalau memungkinkan bisa cerita pilihan masing-masing personil)

AZi : Menyayat lembah lemuria

Jonjon : Klo saya yang track 5 Every lies Is Gold

Phopi : Kalau saya Retorika penikam kalam, soalnya itu mewakili permasalah sosial yang terjadi

Rengga : Klo saya The Fall of mankind thought track 10.

Lucky:  Saya sih Kepalan tak bertuan, karena menurut saya energy lagu bener-bener keluar.

CrossoverBDG : Ekpektasi dan feedback yang diharapkan setelah album ini rils?

Lucky : Sebenernya album ini merupakan next level dari Lose It All, tapi ga muluk-muluk sih pertama pengen albumnya laku.

Azi, Phopi,&Jonjon : dan pesanya nyampe lah.

CrossoverBDG : Bagaimana iklim ranah musik bawah tanah khusunya di Bandung dari sudut pandang kalian?

Phopi : Postif sih, semakin beragam dan banyak sub genre atau Lintas genre, Karna sekerang media mudah diakses, jadi mereka bisa dengan mudah menyimak band influence mereka jadi kesempatan untuk eksplornya terbuka luas.

CrossoverBDG :Share sedikit saran untuk teman-teman diluar sana yang ingin mengikuti jejak kalian

Phopi :  Satu kunci dari saya mah, SURVIVE!, jangan segan untuk bersosialisai dengan yang lain juga, karena sebenernya ga ada batasan.

Azi : Jangan maen band lah, ribet, mendingan bisnis Domba, haha, apa yah, jangan berhenti berkarya.

Lucky : Jujur aja klo di sini kan main band tidak menghasilkan, tapi klo mau menekuni hobi yah jangan tanggung juga, gas pol, dan tetep berkarya juga.

Jonjon : bikin sesuatu yang original dan tetap semangat. 


Untuk kalian yang inigin tau lebih banyak tentang LOSE IT ALL, kawan-kawan bisa mengakses Beberapa saluran media berikut

Instagram : @loseitall_ina

Website : www.grimlocrecords.com

Youtube :loseitall08