Blog Image

Blog

REVIEW: THE FIFTH ELEMENT BEATBOX

April 27, 2018
/
REVIEW
REVIEW: THE FIFTH ELEMENT BEATBOX image
Brief History of BEATBOX

Terminologi beatbox di ranah hip hop merujuk pada teknik menirukan suara-suara dari drum machine, scratch&nbsp; turn table juga sampling suara elektronik.</p> <p>Beatbox sebagai salah satu elemen krusial dalam&nbsp;<em>hip hop culture</em>&nbsp;bersama dengan elemen lainya yaitu&nbsp;<em>DJ-ing MC-ing, Break dance dan graffiti</em>, mengakar seiring dengan awal berkembangnya budaya hip hop di sudut-sudut jalanan Chicago, Bronx dan LA diera 80 an. Jauh sebelum itu vokal percussion yang disebut-sebut sebagai moyang dari teknik beatbox telah menjadi bagian dari musik-musik rural amerika pada awal tahun 30 an, kala itu vocal percussion telah menjadi bagian dari music Jazz, Blues bahkan lagu-lagu rohani.</p> <p>Jejak beatbox/Vocal percussion, juga&nbsp; beririsan dengan perkembangan music era abad pertengahan, khususnya di Perancis abad ke 14, para troubadour( poet-musician) kerap memakai teknik vokal perkusi sebagai pengganti alat music ritmis mendampingi lute sebagai alat music melodis dalam setiap pementasannya.</p> <p>Doug E fresh, Rahzel, Biz Markie adalah legenda hidup yang ikut andil membentuk beatbox scene dan hip hop culture menjadi semakin masive. Mereka mengusung Beatbox ke ranah yang lebih luas, tidak hanya sebatas koridor hip hop, beatbox juga turut mewarnai dan diwarnai music lainya, seperti EDM, Dub-step,drum-and- Bass, techno, klasik bahkan acappela.

BEATbOX Musketeer

Rahzel, BIZ markie, DOUG E Fresh

Tri musketeer dunia beatbox yang layak mendapat sebutan living legend. Era 80’an menjadi tahun dimana para pioneer beatbox ini mencatatkan nama mereka disejarah perkembangan budaya hip hop.

Biz Markie

Mengawali karier ditahun 1985, pemilik nama asli Marcel Theo Hall ini tergabung di “Juice crew”. Dikenal sebagai Biz Markie beatboxer sekaligus DJ handal di era 80’an ini telah melahirkan banyak karya.Debut albumnya yang bertitle “ Goin off” menjadi viral karena ditrack berjudul “make thes music with your mouth, Biz” dan “nobody beat the Biz”, Biz markie mengkolaborasikan kemampuan DJ-nya dengan skill beatbox.

 

Douglas E Davis a.K.a Doug E fresh

Menyebut dirinya “The Human Beatbox”, Douglas E Davis a.K.a Doug E fresh tumbuh besar dipusat kota New York. Mengawali debutnya ditahun 1983, E Fresh terlibat projek dengan Spoonie Gee. Dua tahun berikutnya dia merilis “The show”, berkolaborasi dengan Slick Rick yang berhasil menjadi hit kala itu. Dengan semua pencapainnya, rapper, produser dan beatboxer kelahiran 1966 ini sangat layak menyandang gelar pioneer diranah yang sangat dicintainya.

Disadur dari berbagai sumber

Best regards